Senin, 14 Oktober 2013

Analisis Tes Psikologi Online


A. Pendahuluan.
Pada zaman yang sudah maju seperti sekarang  ini dengan teknologi yang semakin canggih, tidak bisa kita pungkiri kita sanggat diudahkan oleh kemajuan teknologi yang semakin pesat. dengan kecanggihan itu pula kita dapat dengan mudah mendapatkan banyak informasi melalui jaringan internet. tak hanya untuk hiburan mereka dapat melakukan apa saja dengan mudah seperti mencari informasi tentang pengetahuan dan pendidikan, melakukan transaksi bisnis, mencari lowongan pekerjaan serta melakukan interaksi melalui jejaring sosisal. sekarang sudah semakin banyak fasilitas-fasilitas yang bermunculan di internet satu di antaranya adalah tersedia nya Psikotes secara online. Walaupun test psikologi ini tidak langsung bertatap muka dengan ahli psikologi tapi kita bisa mengetahui hasil test psikologi online ini dengan canggihnya fasilitas didalam internet tersebut. Dan adapun dampak yang terjadi di dalam psikotest online tersebut.
B. Dasar Teori. 

Psikotes merupakan serangkaian tes yang dilakukan oleh Psikolog (profesional) atas permintaan klien (individu atau organisasi) untuk memberikan gambaran utuh tentang aspek-aspek psikologis seseorang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan klien.
Tes tersebut diberikan sebagai alat atau sarana bagi Psikolog untuk dapat memahami secara utuh aspek-aspek psikologis individu agar dapat memberikan gambaran (profile psikogram) setiap individu yang mengikuti tes tersebut.
Keseluruhan proses tes tersebut dilakukan sesuai dengan standar pelayanan kode etik psikolog.
Psikotes sebenarnya bukan ujian, karena itu tidak benar kalau dikatakan tidak lulus ujian psikotes; karena yang dilakukan oleh Psikolog adalah meminta respon atas pernyataan/pertanyaan yang diberikan kepada individu sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya orang yang bersangkutan. Respon tersebutlah yang dijadikan indikator untuk memberikan gambaran profile setiap individu yang mengikuti tes.

C. Analisis Saya.

Sebenarnya sangat tidak etis bila psikotes ini dilakukan secara online karena seharusnya psikotes ini hanya diketahui dan dilakukan oleh orang - orang yang ahli dibidangnya. tetapi   bila dipikir secara rasional psikotes online ini sangat membantu seseorang untuk belajar dan dapat mengetahui kemampuan seseorang tersebut saat melakukan psikotes secara langsung. 
Saya sebelumnya pernah mencoba program aplikasi Psikotes online tersebut dan saya dapat menilai bahwa psikotes online tersebut mempunyai dampak yang positif dan negatif. 

Dampak Positif nya adalah : 
  • Waktu yang diperlukan lebih singkat dan kita dapat mengulang dan melakukannya kapan saja.
  • Kita dapat langsung melihat hasil test nya.
  • Kita bisa mendapatkan pengetahuan tentang soal-soal tes dan tips cara menjawabnya.
  • Dapat melakukan tes psikologi secara klasikal dengan software khusus alat tes psikologi yang biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan tertentu.
Dampak Negatif nya adalah :
  • Individu akan sudah mengetahui dan memahami materi tes sehingga mengerjakan tes tidak sebagai dirinya sendiri melainkan menampilkan sisi-sisi baik yang dapat membuat hasil tes terlihat baik.
  • Soal soal yang diberikan tidak selalu update.
  • Dan masalah penilaian kurang akurat karena bukan dinilai oleh ahlinya secara langsung. 
Referensi : 
  • http://ketikqwerty.wordpress.com/2011/10/17/pengertian-psikotes/
  • https://s2.bukalapak.com/system/images/2/7/5/1/8/9/2/large/Mudah_Cepat_Lolos_Psikotes.jpg?1374742766 (gambar)
Referensi membuktikan bahwa anda bukan plagiat.

1 komentar:

  1. Nyari info sambil blogwalking gan.... Artikel agan bagus-bagus.

    Info tambahan nie:
    Psikotes itu mudah jika tahu trik menghadapinya! Psikotes itu gampang jika tahu cara menjawabnya! Simak caranya di Soal Psikotes dan Jawabannya dan tips Wawancara Kerja. Dapatkan Info kerja Aceh untuk wilayah Aceh dan sekitarnya.

    Ada berbagai cara untuk tes iq baik Soal Tes IQ online maupun menggunakan software.

    Bagi anda yang belum memiliki momongan sebaiknya ikuti petunjuk dr. Rosdiana Ramli SpOG dalam bukunya Cara Cepat Hamil dan Tips Cepat Hamil. Semua persoalan kehamilan yang dihadapi pasangan baru menikah dibahas tuntas. Ini berdasarkan pengalaman beliau sebagai dokter kandungan.

    Begitu juga dengan bunda yang sedang menjalani Masa Kehamilan dan Tanda-tanda Kehamilan, tips dari dr. Riyani Limoa, SpOG cocok kiranya dijadikan sebagai panduan dalam memantau tumbuh kembang calon sibuah hati anda.

    Selain cara cepat hamil dan panduan ibu menyusui kami juga sudah menerbitkan buku Cara Merawat Bayi Baru Lahir satu tahun pertama, sangat cocok bagi bunda yang masih kesulitan atau masih bingung dalam mendidik dan merawat di masa perkembangan keemasannya tersebut.

    Kunjungi kami di Masa Hamil dan Menyusui. Terimakasih gan.

    BalasHapus