Jumat, 29 Januari 2016

Pengantar sistem informasi psikologi


Pengantar sistem informasi psikologi
Nama   : Faisal Fajar Rinaldi
NPM   : 12512677
Kelas   : 4PA10

1.      Definisi Informasi
            Informasi yaitu berbagai macam keterangan yang bisa diambil oleh seseorang dengan sumber yang jelas sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi seseorang yang menerima informasi dan dapat berinteraksi  si penerima nformasi. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Dalam bidang komputer, informasi adalah data yang disimpan, diproses atau yang ditransmisikan
            Menurut saya informasi yaitu suatu bentuk dari pengolahan data sehingga memberikan pengetahuan dan pengetahuan tersebut dapat berguna bagi si penerima infirmasi. Dan setelah itu informasi dapat berinteraksi dengan sistem.

2.      Deinisi Sistem Informasi Psikologi
            Ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi itu sendiri dalam kaitannya dengan penggunaan komputer dan aplikasinya dalam bidang psikologi. Dan mengkombinasikan antara manusia dan teknologi sehingga dapat mengumpulkan dan mengolah data mengenai perilaku terlihat maupun tidak terlihat secara langsung serta proses mental yang terjadi pada manusia sehingga data tersebut dapat diubah menjadi informasi yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu seperti tujuan penelitian.
            Sistem informasi sangat penting untuk menunjang perkembangan ilmu psikologi. Pada masa ini ilmu psikologi sangat dibantu dengan adanya sistem informasi psikologi contohnya yaitu untuk pengambilan data dan mengkomputerisasikan alat tes agar lebih efisien.

Contoh kasus
            Seiring dengan berkembangnya teknologi khususnya pada bidang psiklogi. Sudah banyak mahasiswa psikologi, dosen-dosen psikologi maupun psikolog sudah membuat angket, kuisioner maupun soal tes dalam bentuk digital. Hal ini sangat memudahkan bagi peneliti yang ingin menyebarkan kepada subjeknya. Dalam hal pengerjaannya pun subjek dapat mengerjakan secara lebih mudah. Hal ini tentu saja membuat lebih efisien dari segi waktu ataupun biaya sehingga dengan adanya sistem informasi psikologi ini dapat lebih memudahkan para peneliti untuk menyebar angket atau kuisioner yang ada.

Arsitektur komputer dan struktur kognitif manusia
1.      Arsitektur Komputer
      Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).

2.      Struktur Kognitif Manusia
      Manurut salah satu toloh yaitu Piaget (1896) struktur kognitif merupakan mental framework yang dibangun seseorang dengan mengambil informasi dari lingkungan dan menginterpretasikannya, mereorganisasikannya serta mentransformasikannya
      Struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan faktual yang diperoleh dari lingkungan. Struktur kognitif yang terbentuk dari informasi lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka struktur kognitif atau pengetahuan pun akan terus berkembang.
      Dan menurut Neisser (dalam solso) mengatakan bahwa kognisi mengacu pada seluruh proses dimana input sensorik diubah, dikurangi, dimaknai, disimpan, diambil kembali dan digunakan. Secara singkat, Stimulus yang diterima oleh alat indra menjadi input dan masuk ke penyimpanan sensoris. Dari penyimpanan sensori stimulus yang diterima disaring. Dalam penyaringan ini sstimulus dipilah menjadi informasi yang penting dan tidak. Informasi yang penting kemudian dilanjutkan ke proses pengenalan pola sementara informasi yang tidak penting dibuang. Informasi kemudian diidentifikasi dalam proses pengenalan pola dan diseleksi. Setelah itu informasi masuk ke memori jangka pendek dan dikeluarkan sebagai output. Selain itu informasi juga disimpat kedalam memori jangka panjang untuk disimpan dan dipanggil kembali.



3.      Kaitan struktur kognitif manusia dan arsitektur komputer.
      Jika dikaitkan dengan arsitektur komputer yang memiliki pengertian sebagai konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer, maka kognisi manusia lah yang turut berperan penting dalam pembuatannya. Manusia lah yang menciptakan komputer dengan sistem yang menyerupai kognisi manusia dengan maksud mempermudah manusia dalam pekerjaannya. Karena manusia memiliki otak yang melakukan proses memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan, berbahasa yang disebut sebagai kognisi. Hal ini juga behubungan dengan kognitif manusia dalam mengingat informasi.

4.      Kelemahan dan kelebihan arsitektur komputer dibandingkan dengan struktur kognisi manusia.
      Kelemahan:
a.       Memerlukan biaya yang cukup besar untuk membuatnya
b.      Kemungkinan terjadinya error
c.       Membutuhkan waktu yang lebih lama
d.      Membutuhkan listrik yang cukup besar
Kelebihan:
a.       Bersifat sistematis sehingga memiliki arah yang jelas
b.      Membuat terjadinya proses belajar
c.       Mengoptimalkan kerja otak
d.      Mempermudah si pengguna


Sumber:
Basuki., A. M. Heru. (2008). Psikologi umum. Depok: Universitas Gunadarma
Reed, Stephen., K. (2011). Kognisi teori dan aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika
Suparno., P (2001). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius



0 komentar:

Posting Komentar