Jumat, 15 Februari 2013

Manusia Dan Harapan

Semua manusia pasti memiliki harapan dalam hidupnya dan agar kita dapat lebih memahami tentang harapan ada baikknya kita mengetahui apa itu harapan.
Harapan adalah suatu keinginan yang sifatnya masih di awang-awang, yaitu keinginan yang kita harus capai. Usaha manusia dalam mendapatkan harapannya itu ada berbagai macam dan salah satunya adalah berdoa kepada Tuhan .
Manusia adalah makhluk social yang tidak luput dari pergaulan hidup, dan hal yang mendorong manusia bergaul dengan manusia lain antara lain : dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup. Dorongan kodrat adalah sifat atau keadaan yang sudah terjelma dalam diri manusia sejak manusia itu diciptakan tuhan. Dorongan kebutuhan hidup: kebutuhan hidup ada dua yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani, kebutuhan jasmani misalnya makan dan minum sedangkan kebutuhan rohani contohnya ketenangan.
Doa adalah permohonan kepada Tuhan. Berarti doa adalah suatu permohonan yang ditujukan kepada Tuhan yang didalamnya ada harapan, permintaan. Pengertian doa yang kita sampaikan pun terbagi menjadi dua  yaitu pengertian doa menurut agama islam dan pengertian doa menurut agama Kristen. Pengertian doa menurut agama islam adalah :memohon dan meminta pertolongan pada Allah swt, serta memohon sesuatu yang bermanfaat dan memohon terbebas atau tercegah dari sesuatu yang memadhartkan. Pengertian doa menurut agama Kristen adalah relasi antara manusia dengan Allah yang didalamnya manusia, roh manusia berkomunikasi, memohon, meminta, memuji, dan mengakui keberadaan Allah yang Trasedental.Dalam agama Kristen ada beberapa unsur berdoa yaitu:
1. Doa diisi dengan pujian kepada Allah
2. di dalam Doa ada pengakuan dosa
3. pengucapan syukur pada Allah atas segala berkat dan pertolonganNya
4. permintaan permohonan.

Kepercayaan atau percaya artinya mengakui atau meyakini akan kebenaran. Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan kebenaran.
Hal positif yang akan di terapkan:
1.tidak ada salahnya memiliki harapan
2.dengan berdoa kita akan lebih mudah mendapatkan harapan kita
3.dengan mempunyai harapan hidup kita akan terasa lebih berarti
Hal negative yang akan ditinggalkan:
1.harus bekerja keras dan tentunya berdoa untuk meraih harapan yang kita punya
2.tidak boleh meremehkan harapan orang lain

0 komentar:

Posting Komentar